PERUBAHAN SOSIAL DI PASAR KAMPUNG SAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

keterangan: suasana jual beli saat pandemi covid-19.
Saya tinggal di Desa Sedan RT 002/RW 005 Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Jwa Tengah, tepat disebelah barat pasar di kampung saya. Kegiatan sehari-hari di pasar di kampung saya berubah semenjak Covid-19 menyebar luas di Indonesia terutama wilayah Jawa Tengah.
FENOMENA PERUBAHAN SOSIAL DI PASAR YANG ADA DI KAMPUNG SAYA PADA MASA COVID-19
Sebelum covid-19 mulai menyebar luas di Indonesia kegiatan sehari-hari seperti jual beli di pasar di kampung saya semua masyarakat tidak ada yang menjaga jarak, memakai masker, bahkan sampai berjabat tangan. Namun, semenjak covid-19 mulai menyebar luas di wilayah Jawa Tengah masyarakat di kampung saya merubah kebiasaan sehari-hari yang biasa mereka lakukan saat jual beli dirubah dengan anjuran yang di sampaikan oleh pemerintah.
PERMASALAHAN SOSIAL DALAM PERUBAHAN SOSIAL DI PASAR YANG ADA DI KAMPUNG SAYA PADA MASA COVID-19
Semua masalah mulai bermunculan semenjak Covid-19 menyebar di wilayah Jawa Tengah
• Permasalahan sosial yang muncul pada saat ini ada masyarakat tidak diperbolehkan untuk berjabat tangan antara seorang pembeli dan juga penjual. Hal sangat berbeda dengan kebiasaan sehari-hari sebelum adanya Covid-19.
• Permasalahan yang lain yaitu masalah yang baru yaitu masyarakat harus stay at home, work from home dan physical distancing. Masalah tersebut sangat berbanding berbalik dengan kebiasaan masyarakat di kampung saya yang selalu melakukan kegiatan bersosial.
• Dan Permasalah yang terakhir yaitu permasalah yang dialami oleh pedagang di pasar kampung saya yaitu, perekonomiannya bisa menurun apabila kegiatan berbelanja dilakukan melalui online, hal ini sangat merugikan bagi pedagang yang tidak paham atau tidak tau cara melakukan jual beli melalui online.
STRATEGI DALAM PERUBAHAN SOSIALDI PASAR YANG ADA DI KAMPUNG SAYA
Para masyarakat memiliki strategi agar mereka tetap bisa berbelanja di pasar yang sesuai dengan anjuran pemerintah sebagai berikut;
• Memakai masker saat mau berbelanja maupun saat keluar rumah.
• Selalu cuci tangan setelah pergi berbelanja di pasar.
• Tetap melakuakan jarak antara seorang pembeli dengan pedagang maupun pedagang dengan pedagang.
• Tidak melakukan berjabat tang untuk sementara ini.
• Melakukan protokol kesehatan seperti stay at home, work from home dan physical distancing.

Banyak sekali hal yang bententangan dengan kebiasaan sehari-hari masyarakat yang dilakukan pada saat sebelum adanya covid-19 dengan setelah adanya covid-19 di wilayah Indonesia terutama di wilayah Desa Sedan RT 002/RW 005 Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah.
Semoga wabah virus Covid-19 ini cepat berakhir supaya kegiatan jual beli  di Indonesia  bisa kembali normal.
Amiin.....
Penulis: MUHAMMAD RAFIQUL USMAN
               XII IPS 4
               SMA NEGERI 1 PAMOTAN